Home » , , » Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung

Gunung Sumbing adalah sebuah gunung yang terletak di tiga kabupaten yakni Wonosobo, Magelang, Temanggung. Gunung Sumbing Adalah gunung tertinggi ke dua di kawasan jawa tengah setelah Gunung Selamet. Gunung Subing memiliki ketinggian 3371 Mdpl yang berdampingan dengan Gunung Sindoro yang keduanya sering disebut Gunung kembar layaknya seperti Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, Gunung Sumbing terkenal dengan medan pendakian nya yang penuh dengan tanjakan yang cukup menantang dan menguras tenaga jarang sekali kita menemukan trek yang landai ataupun mendatar. Gunung Sumbing memang Gunung yang terkenal di kawsan Jawa Tengah dengan trek yang berat daripada Gunung lain.
Untuk mendaki Gunung Sumbing kita bisa melewati beberapa jalur yakni :
  • Jalur Cepit Parakan
  • Jalur Garung
  • Jalur Bowongso
  • Jalur Mangli
Dari ke empat jalur ini yang paling terkenal dan sering di tuju oleh para pendaki adalah Jalur Garung. Dinamakan Jalur Garung karna berada di desa Garung yang berada di kaki Gunung Sumbing. Untuk menuju desa Garung  sangat mudah sekali kita hanya perlu menuju arah Wonosobo karna tempatnya sangat dekat dengan tugu Selamat Datang  atau Pintu Masuk Wonosobo sebelah kiri jalan.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung

Dari Garung sendiri terdapat dua Jalur yaitu Jalur Lama dan Baru, Tapi bayak para pendaki yang memilih Jalur Lama karena alasan jarak tempuhnya yang lebih dekat. Tapi disini saya akan mendiskripsikan Pendakian melewati Jalur Baru.

Basecamp Pos I (Kedung)

Dari Basecamp kita berjalan menyusuri jalan aspal dan makadam menuju Perempatan Jalan Dusun, belok kanan untuk Jalur baru menuju Masjid Al Mansur kemudian kita akan memasuki hutan bambu dengan jalan berbatu yang disusun rapi melewati ladang penduduk yang di tanami tembakau jalur ini cukup landai. Waktu tempuh dari Basecamp menuju Pos I sekitar 2,5 – 3 jam jalan kaki.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
POS I Kedung

Basecamp Pos II (Gatakan)

Dari Pos I kita akan melalui jalan hutan, di hutan kita susah sekali mendapatkan petunjuk jalan karena di hutan kita akan menemui percabangan jalan cukup banyak dan jalur yang sempit kadang juga kita akan menemui pohon tumbang yang menyusahkan para Pendaki jika membawa Carrier yang memaksa para pendaki untuk merunduk. Tapi kita akan terhibur oleh pemandangan yang di sajikan selama melewati hutan yang cukup memanjakan mata.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
POS II Gatakan

Jalur ini lumayan cukup terjal namun dapat dilewati dengan sangat mudah, bagi kami lelah akan terbayar dengan keindahan yang diciptakan oleh Tuhan Pencipta semesta Alam. Dengan keindahannya kami benar-benar membuktikan kebesaran Allah. Ini Yang menjadi keinginan kami untuk terus mengarungi luasnya ciptaan Allah yang Maha Tinggi.


Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Jalur Menuju Pestan

Lihat indahnya pemandangan yang kami alami. Mengingatkan kembali akan kebesaran Allah. SUbhanallah. Maha SUci Allah dengan segala yang diciptakannya. Keinginan untuk melakukan pendakian kian menggebu, demi mencapai puncak kepuasan yang tertinggi yang tentunya untuk menggapai keridloanNYA. Tahukah anda bahwa gunung sumbing ini begitu indah dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Amazing..!

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Pemandangan saat Beristirahat sejenak di Jalur Pendakian

Disepanjang jalan hutan kita akan melewati sebuah sungai kering  yang harus kita seberangi, jika beruntung kita akan menemukan Air di tempat tersebut yang bisa kita konsumsi. Sangat jernih dan rasanya tawar. Sangat cukup untuk menghilangkan dahaga yang luar biasa. Sembari mengingat betapa alam ini sudah menyediakan apapun yang manusia butuhkan, hanya kita yang harus senantiasa menjaganya dan menyayanginya. 

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Air Sungai Kering Yang bisa dikonsumsi

Dari sungai terus naik sedikit lalu belok kanan menanjak, dan jalur yang kita lalui masih sama yaitu jalan bermedan tanah yang sedikit menanjak menelusuri hutan, kemudian berjalan di jalur yang lebih landai sampai di Pos II Gatakan. Di Pos II adasebuah gubuk kecil yang bisa kita manfaat kan untuk beristirahat sejenak. Di Gatakan juga ada sumber mata Air untuk mengisi botol yang sudah kosong, tapi untuk mencapai Mata Air tersebut kita butuh Tali untuk turun. Waktu tempuh dari Pos I – Pos II ± 2 jam

POS II Gatakan - Pestan (2437Mdpl)

Dari Gatakan menuju Pestan kondisi tanah merah berpsir dengan tanjakan cukup tajam, disini kita kadang berjalan merangkak karena jalan yang sangat licin panjang dan melelahkan menuju Pestan. Dikawasan ini bertemunya Jalur Lama dan Jalur Baru. Pestan merupakan kawasan yang hampir kseluruhannya rerumputan. Di Pestan badainya cukup besar dan berbahaya. Kemudian pendaki sampai di jalan yang penuh dengan batu di depannya dinding batu berdiri. Kawasan ini disebut Pasar Watu.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Pemandangan Pestan

Pasar Watu - Watu Kotak (2763 Mdpl)

Dari Plank Pasar Watu pendaki harus mengambil jalur kiri karena yang lurus menanjak adalah jalan buntu. Kemudian pendaki berjalan di bawah dinding batu yang memanjang sampai di Watu kotak. Dari Watu kotak kita bisa mengabadikan gambar karena pemandangannya sangat bagus. Nyesel kalau nggak selfi-selfi di Watu kotak. Makanya jika anda ingin melakukan pendakian di gunung sumbing ikuti jejak kami yang mengambil Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung. 

Pasar Watu menuju Ke Puncak

Pemandangan Indah dilihat dari Watu Kotak

Watu Kotak Menuju Puncak (3371 Mdpl)

Dari Watu kotak kondisi jalan tanah merah penuh batu kecil dan cukup licin sampai di tanah putih. Pokoknya kalian harus hati-hati deh. Kondisi jalan masih sama sampai di kawasan Tanah Putih. Kemudian mendaki lagi sampai di Puncak Buntu. Untuk menuju kawah sumbing, 100 m sebelum puncak buntu pendaki harus mengambil jalan ke kanan mendatar. Okey!

Terlihat Kawah dari puncak Buntu

Itinerary pendakian Gunung Sumbing via Garung
Basecamp – Pos I (kedung) : 2,5 jam
Pos I – Pos II (gatakan) : 2 jam
Pos II – Pestan : 1,5 jam
Pestan – pasar watu : 30 menit
Pasar watu – puncak : 2 jam
Total : 8,5 jam

Hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatika sebelum dan sesudah melakukan pendakian menuju Puncak Sumbing Mas Bro.
  1. Sediakan air dan makanan ringan secukupnya.
  2. Bawa turun sampah anda.
  3. Utamakan keselamatan
  4. Jangan menjadi pendaki yang suka merusak alam sekitar
  5. Dan paling penting jangan lupa berdo’a
Climber : Nurul Wafa

2 comments:

  1. lanjutkan perjalanan mu mas...karena tak semua orang punya kesempatan untuk itu..terimakasih atas info yang baik ini buat kita para pembaca...lanjutkan tugas mulia ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman....

    ReplyDelete
  2. makasih kak, info jalur pendakian gunung sumbing via garungnya sangat membantu kami utk melakukan persiapan pra pendakian :)

    ReplyDelete

Popular Posts