Home » » CONTOH KISI-KISI FIKIH KELAS 7 | ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) GASAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025

CONTOH KISI-KISI FIKIH KELAS 7 | ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) GASAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Kelas/ Semester

                                              Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

1.

3.1 Memahami alat-alat bersuci dari najis dan hadats

 

4.1 Mengkomunikasikan penggunaan alat-alat bersuci dari najis dan hadats

Alat-Alat Bersuci

VII/Gasal

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui tentang jenis-jenis air yang bisa digunakan untuk bersuci

LK1/C1

PG

1

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami dan mengidentifikasi jenis air berdasarkan kondisi tertentu (air yang tercemar najis)

LK2/C2

PG

2

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami penerapan tentang hukum penggunaan air dalam keadaan tertentu

LK3/C3

PG

3

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang dalil atau ayat yang berkaitan dengan air yang digunakan untuk bersuci

LK2/C2

PG

4

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami hukum bersuci dengan menggunakan batu sebagai alternatif ketika air tidak tersedia

LK2/C2

PG

5

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami penerapan benda-benda yang bisa digunakan dalam proses bersuci berdasarkan syariat

LK3/C3

PG

6

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami dan menerapkan syarat-syarat yang berlaku untuk benda-benda yang digunakan dalam bersuci menurut ajaran Islam

LK3/C3

PG

7

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang alat-alat yang diperbolehkan untuk digunakan dalam bersuci

 LK3/C3

PGK

1

Disajikan pertanyaan siswa dapat menjelaskan pembagian bersuci dilihat dari sifat dan pembagiannya

LK2/C2

ESSAY

1

2.

3.2 Menerapkan tata cara bersuci dari hadats dan najis

 

4.2 Mempraktekkan tata cara bersuci dari hadats dan najis

Bersuci dari Najis dan Hadast

VII/Gasal

Disajikan pertanyaan siswa dapat menegetahui tentang pengertian Thaharah

LK1/C1

PG

8

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang kategori hadas besar

LK2/C2

PG

9

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui tentang dalil tentang bersuci dari hadas

LK2/C2

PG

10

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerapan konsep hukum najis dalam situasi kehidupan sehari-hari

LK3/C3

PG

11

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui dasar tentang jenis-jenis hadas besar yang memerlukan mandi wajib

LK1/C1

PG

12

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerpan tentang hal-hal yang disunahkan dalam tata cara wudhu

LK3/C3

PG

13

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang rukun mandi wajib dalam Islam.

LK2

PG

14

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami hal-hal yang mewajibkan mandi besar dalam ajaran agama

LK2/C2

PGK

2

Disajikan pertanyaan siswa dapat menjelaskan perbedaan hadas besar dan hadas kecil

LK2/C2

ESSAY

2

3

3.3 Menganalisis ketentuan Sholat Fardlu Lima Waktu

 

4.3 Mengkomunikasikan hasil analisis tata cara Sholat Fardlu Lima Waktu

Sholat Fardlu Lima Waktu

VII/Gasal

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui pengetahuan dasar tentang jenis duduk dalam shalat

LK1/C1

PG

15

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang syarat sah shalat.

LK2/C2

PG

16

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami penerapan dalam sujud sahwi ketika lupa melakukan sunnah ab’adl.

LK3/C3

PG

17

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui dasar tentang sunnah hai’adh dalam shalat

Lk1/C1

PG

18

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang rukun qoulli dalam shalat

LK2/C2

PG

19

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang cara mengingatkan imam ketika lupa

LK2/C2

PG

20

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang syarat-syarat menjadi makmum dalam shalat.

LK2/C2

PG

21

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami lebih mendalam tentang waktu-waktu shalat dalam Islam.

LK2/C2

PGK

3

Disajikan pertanyaan siswa dapat menyebutkan syarat sah shalat

LK2/C2

ESSAY

3

4.

3.4 Menganalisis ketentuan Sholat Berjama’ah

 

4.4 Mengkomunikasikan hasil analisis tentang tata cara Sholat Berjama’ah

Sholat Berjama’ah

VII/Gasal

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui dasar tentang shalat berjamaah.

LK1/C1

PG

22

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui tentang definisi shalat berjamaah.

LK1/C1

PG

23

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang syarat sah menjadi makmum dalam shalat.

LK2/C2

PG

24

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerapan makmum yang terlambat dalam sholat jama’ah

LK3/C3

PG

25

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang posisi makmum dalam shalat berjamaah.

LK2/C2

PG

26

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerapan dalam situasi praktis shalat berjamaah.

LK3/C3

PG

27

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerapan cara mengingatkan imam dalam shalat berjamaah.

LK3/C3

PG

28

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengaitkan pengetahuan agama dengan situasi sehari-hari

LK3/C3

PGK

4

Disajikan pertanyaan siswa dapat mendefinisikan hokum seseorang melakukan sholat berjamaah

LK3/C3

ESSAY

4

5.

3.5 Menganalisis keutamaan Berdzikir dan Berdoa setelah Sholat

 

4.5 Mengkomunikasikan hasil analisis tentang Berdzikir dan Berdoa setelah Sholat

Berdzikir dan Berdoa setelah Sholat

VII/Gasal

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami tentang definisi dan makna dzikir dalam Islam.

LK2/C2

PG

29

 Disajikan pertanyaan siswa dapat memehami dasar tentang pengertian berdoa dalam Islam.

LK2/C2

PG

30

Disajikan pertanyaan siswa dapat memehami tentang manfaat dzikir yang disebutkan dalam Al-Qur'an.

LK2/C2

PG

31

Disajikan pertanyaan siswa dapat memehami penerapan pengertian doa dalam kehidupan sehari-hari.

LK3/C3

PG

32

Disajikan pertanyaan siswa dapat memehami tentang tujuan berdoa dalam Islam.

LK2/C2

PG

33

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerapan konsep dzikir dalam kehidupan sehari-hari.

LK3/C3

PG

34

Disajikan pertanyaan siswa dapat mengetahui penerpan konsep dzikir dan doa dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam menghadapi masalah.

Lk3/C3

PG

35

Disajikan pertanyaan siswa dapat memahami pentingnya doa dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan harapan dan tujuan

LK2/C2

PGK

5

Disajikan pertanyaan siswa dapat menyebutkan hikmah melaksanakan dzikir dan berdoa

LK2/C2

ESSAY

5

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts