No |
Materi |
Indicator
soal |
Jenis
Soal |
Level |
No
soal |
1 |
Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah |
Disajikan sistem
pemerintahan Daulah Umayyah, peserta didik mampu menentukan istilah sistem
pemerintahan tersebut |
PG |
LK1/C1 |
1 |
|
|
Disajikan kebijakan
Kholifah Umar bin Abdul Aziz, peserta didik mampu menentukan sebuah kekuatan
yang mulai berkembang |
PG |
LK2/C2 |
2 |
|
|
Disajikan inti pergerakan
yang menggunakan nama keturunan Abbas, peserta didik mampu menentukan alasan
penggunaan nama tersebut |
Pergan |
LK3/C4 |
1 |
|
|
Disajikan keberhasilan
propaganda oleh Bani Abbas, peserta didik mampu menentukan faktor yang
mendorong berdirinya Daulah Abbasiyah |
Essay |
LK1/C1 |
1 |
|
|
Disajikan akhir
perjalanan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan faktor utama
kehancuran daulah tersebut |
PG |
LK2/C2 |
3 |
2 |
Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa
Daulah Abbasiyah |
Disajikan semangat
belajar masyarakat dalam menuntut ilmu, peserta didik mampu menentukan sikap
dan tindakan kholifah |
PG |
LK3/C4 |
4 |
|
|
Disajikan langkah
Kholifah Abu Ja’far Al Manshur dalam perkembangan ilmu pengetahuan, peserta
didik mampu menentukan kunci sukses perkembangan pengetahuan masa itu |
PG |
LK3/C4 |
5 |
|
|
Disajikan kemajuan
ilmu pengetahuan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan dua faktor
pendukung kemajuan tersebut |
Pergan |
LK3/C3 |
2 |
|
|
Disajikan usaha
memajukan ilmu pengetahuan, peserta didik mampu menentukan fungsi didirikannya
majelis munadzarah |
Essay |
LK2/C2 |
2 |
|
|
Disajikan profil
pembangunan sebuah kota, peserta didik mampu menentuan nama kota tersebut |
PG |
LK3/C3 |
6 |
|
|
Disajikan usaha
kholifah Daulah Abbasiyah dalam mengatur pemerintahannya, peserta didik mampu
menentukan istilah yang digunakan untuk seorang gubernur |
PG |
LK1/C1 |
7 |
|
|
Disajikan kondisi
pemerintahan pada masa kedua, peserta didik mampu menentukan akibat dari
kondisi tersebut |
PG |
LK2/C2 |
8 |
3 |
Ilmuwan Muslim Masa Daulah Abbasiyah |
Disajikan nama-nama
ilmuan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan nama ilmuan yang termasuk
ilmuan kedokteran |
PG |
LK1/C2 |
9 |
|
|
Disajikan bidang-bidang
keahlian Ali bin Sahl Rabban
At-Thabari, peserta didik mampu menentukan salah satu karya yang berisi konsep untuk menjaga kesehatan |
PG |
LK2/C3 |
10 |
|
|
Disajikan konsep Ibnu
Sina dalam menjaga kesehatan, peserta didik mampu menentukan salah satu resep
dalam menjaga kesehatan |
PG |
LK2/C3 |
11 |
|
|
Disajikan sebuah
gelar yang berarti pemimpin orang terpelajar, peserta didik mampu menentukan
nama pemilik gelar tersebut |
PG |
LK2/C2 |
12 |
|
|
Disajikan konsep
dalam menjaga kesehatan, peserta didik mampu menentukan beberapa hal yang
dapat mempengaruhi kesehatan manusia versi Ibnu Sina |
Pergan |
LK3/C3 |
3 |
|
|
Disajikan profil
seorang filosof, peserta didik mampu menentukan penggunaan nama tersebut |
PG |
LK1/C1 |
13 |
|
|
Disajikan konsep
akhlaq menurut Ibnu Maskawaih, peserta didik mampu menentukan contoh perilaku
yang termasuk akhlaq |
PG |
LK3/C4 |
14 |
|
|
Disajikan bidang
keilmuan Syeikh Al Gozali, peserta didik mampu menentukan arti dari gelar
“hujjatul Islam” |
PG |
LK1/C1 |
15 |
|
|
Disajikan pendapat Al
Kindi tentang Filsafat dan agama, peserta didik mampu menentukan persamaan
dari keduanya |
Essay |
LK3/C3 |
3 |
|
|
Disajikan kiprah
ilmuan muslim bidang ilmu filsafat, peserta didik mampu menentukan salah satu
karya Imam Al Gozali bidang tasawuf |
PG |
LK1/C1 |
16 |
|
|
Disajikan keilmuan
Jabir bin Hayyan bin Abdullah Kufi, peserta didik mampu menentukan arti dari
gelar Father of Modern
Chemistry |
PG |
LK1/C2 |
17 |
4 |
Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia |
Disajikan arti dari
“kutubus sittah”, peserta didik mampu menyebutkan kitab-kitab hadits yang
termasuk dalam kutubus sittah |
Essay |
LK1/C1 |
4 |
|
|
Peseta didik mampu
menentukan pengertian dari ilmu haditz |
PG |
LK1/C2 |
18 |
|
|
Disajikan perjuangan
Imam Bukhori dalam pengumpulan hadits, peserta didik mampu menentukan
pelajaran yang dapat diambil dari kisah perjuangan tersebut |
PG |
LK3/C4 |
19 |
|
|
Disajikan pola
periwayatan hadits, peserta didik mampu menentukan arti dari kata “rawahu
asysyaikhani” |
PG |
LK2/C3 |
20 |
|
|
Disajikan pengelompokkan
kitab hadits dari karya para pengumpul dan penyeleksi hadits, peserta didik
mampu menentukan ulama’ hadits yang karyanya masuk dalam kategori kitab sunan |
PG |
LK2/C3 |
21 |
|
|
Disajikan pentingnya
penyeleksian hadits, peserta didik mampu menentukan kitab hadits yang
karyanya dikelompokkan dalam kitab hadits shohih |
PG |
LK2/C3 |
22 |
|
|
Disajikan
ulama’-ulama’ yang termasuk dalam kutubus sittah, peserta didik mampu
menentukan dua kategori kitab hadits yang termasuk dalam kitab-kitab tersebut |
Pergan |
LK2/C2 |
4 |
|
|
Disajikan beberapa
istilah-istilah dalam ilmu hadits, peserta didik mampu menentukan maksud dari
salah satu istilah tersebut |
PG |
LK2/C2 |
23 |
|
|
Disajikan beberapa
istilah dalam sebuah hadits, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang
benar dari salah satu istilah tersebut |
PG |
LK2/C2 |
24 |
|
|
Disajikan nama-nama
tokoh ulama’, peserta didik mampu menentukan ulama’ yang tidak termasuk dalam
madzahibul arba’ah |
PG |
LK1/C1 |
25 |
|
|
Disajikan profil
seorang imam madzhab, peserta didik mampu menentukan nama imam tersebut |
PG |
LK2/C2 |
26 |
|
|
Disajikan ulama yang
pertama kali menyusun kitab Fiqh berdasarkan sistematika tertentu, peserta
didik mampu menentukan nama ulama’ tersebut |
PG |
LK1/C2 |
27 |
|
|
Disajikan beberapa
dasar yang dijadikan penetapan hukum fiqh menurut Imam Hanafi, peserta didik
mampu menentukan contoh dari salah satu dasar tersebut |
PG |
LK3/C3 |
28 |
|
|
Disajikan wasiat dari
Imam Syafi’I, peserta didik mampu mengambil pelajaran dari isi wasiat
tersebut |
PG |
LK3/C4 |
29 |
|
|
Disajikan pentingnya
dasar hukum dalam menetapkan sesuatu, peserta didik mampu menentukan perbedaan
antara Qiyas dengan ‘Urf |
Essay |
LK3/C4 |
5 |
|
|
Disajikan pengertian
dari Madzhab Fiqh, peserta didik mampu menentukan madzhab yang banyak diikuti
di Indonesia |
PG |
Lk1/C2 |
30 |
|
|
Disajikan perubahan
fatwa yang dilakukan oleh Imam Syafi’i di dua tempat yang berbeda, peserta
didik mampu menyebutkan istilah dari fatwa periode kedua |
PG |
LK1/C1 |
31 |
|
|
Disajikan keilmuan
dan prilaku seorang Ahmad bin Hambal, peserta didik mampu menentukan istilah
bagi Beliau dalam bidang ahlaq |
PG |
Lk2/C2 |
32 |
|
|
Disajikan
perkembangan ilmu Tafsir dalam menafsirkan Al Qur’an, peserta didik mampu
menentukan penjelasan tentang tafsir bil ma’tsur |
PG |
LK2/C2 |
33 |
|
|
Disajikan kitab berisi
sejarah para rasul dan raja karya Syeikh At Tabari, peserta didik mampu
menentukan nama kitab |
PG |
Lk2/C3 |
34 |
|
|
Disajikan nama
lengkap Imam Ibnu Katsir, peserta didik mampu
menentukan makna gelar Imam yang diberikan kepada Beliau |
PG |
LK2/C3 |
35 |
|
|
Disajikan
pernyataan-pernyataan yang berkenaan dengan tokoh ilmu tafsir, peserta didik
mampu menentukan pernyataan yang tepat bagi Ibnu Jarir |
Pergan |
LK2/C3 |
5 |
0 comments:
Post a Comment