Home » » KISI SOAL SKI KELAS 8 SMESTER GASAL | ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2024-2025

KISI SOAL SKI KELAS 8 SMESTER GASAL | ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2024-2025

 

No

Materi

Indicator soal

Jenis Soal

Level

No soal

1

Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah

Disajikan sistem pemerintahan Daulah Umayyah, peserta didik mampu menentukan istilah sistem pemerintahan tersebut

PG

LK1/C1

1

 

 

Disajikan kebijakan Kholifah Umar bin Abdul Aziz, peserta didik mampu menentukan sebuah kekuatan yang mulai berkembang

PG

LK2/C2

2

 

 

Disajikan inti pergerakan yang menggunakan nama keturunan Abbas, peserta didik mampu menentukan alasan penggunaan nama tersebut

Pergan

LK3/C4

1

 

 

Disajikan keberhasilan propaganda oleh Bani Abbas, peserta didik mampu menentukan faktor yang mendorong berdirinya Daulah Abbasiyah

Essay

LK1/C1

1

 

 

Disajikan akhir perjalanan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan faktor utama kehancuran daulah tersebut

PG

LK2/C2

3

2

Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah

Disajikan semangat belajar masyarakat dalam menuntut ilmu, peserta didik mampu menentukan sikap dan tindakan kholifah

PG

LK3/C4

4

 

 

Disajikan langkah Kholifah Abu Ja’far Al Manshur dalam perkembangan ilmu pengetahuan, peserta didik mampu menentukan kunci sukses perkembangan pengetahuan masa itu

PG

LK3/C4

5

 

 

Disajikan kemajuan ilmu pengetahuan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan dua faktor pendukung kemajuan tersebut

Pergan

LK3/C3

2

 

 

Disajikan usaha memajukan ilmu pengetahuan, peserta didik mampu menentukan fungsi didirikannya majelis munadzarah

Essay

LK2/C2

2

 

 

Disajikan profil pembangunan sebuah kota, peserta didik mampu menentuan nama kota tersebut

PG

LK3/C3

6

 

 

Disajikan usaha kholifah Daulah Abbasiyah dalam mengatur pemerintahannya, peserta didik mampu menentukan istilah yang digunakan untuk seorang gubernur

PG

LK1/C1

7

 

 

Disajikan kondisi pemerintahan pada masa kedua, peserta didik mampu menentukan akibat dari kondisi tersebut

PG

LK2/C2

8

3

Ilmuwan Muslim Masa Daulah Abbasiyah

Disajikan nama-nama ilmuan Daulah Abbasiyah, peserta didik mampu menentukan nama ilmuan yang termasuk ilmuan kedokteran

PG

LK1/C2

9

 

 

Disajikan bidang-bidang keahlian  Ali bin Sahl Rabban At-Thabari, peserta didik mampu menentukan salah satu karya yang  berisi konsep untuk menjaga kesehatan

PG

LK2/C3

10

 

 

Disajikan konsep Ibnu Sina dalam menjaga kesehatan, peserta didik mampu menentukan salah satu resep dalam menjaga kesehatan

PG

LK2/C3

11

 

 

Disajikan sebuah gelar yang berarti pemimpin orang terpelajar, peserta didik mampu menentukan nama pemilik gelar tersebut

PG

LK2/C2

12

 

 

Disajikan konsep dalam menjaga kesehatan, peserta didik mampu menentukan beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia versi Ibnu Sina

Pergan

LK3/C3

3

 

 

Disajikan profil seorang filosof, peserta didik mampu menentukan penggunaan nama tersebut

PG

LK1/C1

13

 

 

Disajikan konsep akhlaq menurut Ibnu Maskawaih, peserta didik mampu menentukan contoh perilaku yang termasuk akhlaq

PG

LK3/C4

14

 

 

Disajikan bidang keilmuan Syeikh Al Gozali, peserta didik mampu menentukan arti dari gelar “hujjatul Islam”

PG

LK1/C1

15

 

 

Disajikan pendapat Al Kindi tentang Filsafat dan agama, peserta didik mampu menentukan persamaan dari keduanya

Essay

LK3/C3

3

 

 

Disajikan kiprah ilmuan muslim bidang ilmu filsafat, peserta didik mampu menentukan salah satu karya Imam Al Gozali bidang tasawuf

PG

LK1/C1

16

 

 

Disajikan keilmuan Jabir bin Hayyan bin Abdullah Kufi, peserta didik mampu menentukan arti dari gelar Father of Modern Chemistry

PG

LK1/C2

17

4

Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia

Disajikan arti dari “kutubus sittah”, peserta didik mampu menyebutkan kitab-kitab hadits yang termasuk dalam kutubus sittah

Essay

LK1/C1

4

 

 

Peseta didik mampu menentukan pengertian dari ilmu haditz

PG

LK1/C2

18

 

 

Disajikan perjuangan Imam Bukhori dalam pengumpulan hadits, peserta didik mampu menentukan pelajaran yang dapat diambil dari kisah perjuangan tersebut

PG

LK3/C4

19

 

 

Disajikan pola periwayatan hadits, peserta didik mampu menentukan arti dari kata “rawahu asysyaikhani”

PG

LK2/C3

20

 

 

Disajikan pengelompokkan kitab hadits dari karya para pengumpul dan penyeleksi hadits, peserta didik mampu menentukan ulama’ hadits yang karyanya masuk dalam kategori kitab sunan

PG

LK2/C3

21

 

 

Disajikan pentingnya penyeleksian hadits, peserta didik mampu menentukan kitab hadits yang karyanya dikelompokkan dalam kitab hadits shohih

PG

LK2/C3

22

 

 

Disajikan ulama’-ulama’ yang termasuk dalam kutubus sittah, peserta didik mampu menentukan dua kategori kitab hadits yang termasuk dalam kitab-kitab tersebut

Pergan

LK2/C2

4

 

 

Disajikan beberapa istilah-istilah dalam ilmu hadits, peserta didik mampu menentukan maksud dari salah satu istilah tersebut

PG

LK2/C2

23

 

 

Disajikan beberapa istilah dalam sebuah hadits, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang benar dari salah satu istilah tersebut

PG

LK2/C2

24

 

 

Disajikan nama-nama tokoh ulama’, peserta didik mampu menentukan ulama’ yang tidak termasuk dalam madzahibul arba’ah

PG

LK1/C1

25

 

 

Disajikan profil seorang imam madzhab, peserta didik mampu menentukan nama imam tersebut

PG

LK2/C2

26

 

 

Disajikan ulama yang pertama kali menyusun kitab Fiqh berdasarkan sistematika tertentu, peserta didik mampu menentukan nama ulama’ tersebut

PG

LK1/C2

27

 

 

Disajikan beberapa dasar yang dijadikan penetapan hukum fiqh menurut Imam Hanafi, peserta didik mampu menentukan contoh dari salah satu dasar tersebut

PG

LK3/C3

28

 

 

Disajikan wasiat dari Imam Syafi’I, peserta didik mampu mengambil pelajaran dari isi wasiat tersebut

PG

LK3/C4

29

 

 

Disajikan pentingnya dasar hukum dalam menetapkan sesuatu, peserta didik mampu menentukan perbedaan antara Qiyas dengan ‘Urf

Essay

LK3/C4

5

 

 

Disajikan pengertian dari Madzhab Fiqh, peserta didik mampu menentukan madzhab yang banyak diikuti di Indonesia

PG

Lk1/C2

30

 

 

Disajikan perubahan fatwa yang dilakukan oleh Imam Syafi’i di dua tempat yang berbeda, peserta didik mampu menyebutkan istilah dari fatwa periode kedua

PG

LK1/C1

31

 

 

Disajikan keilmuan dan prilaku seorang Ahmad bin Hambal, peserta didik mampu menentukan istilah bagi Beliau dalam bidang ahlaq

PG

Lk2/C2

32

 

 

Disajikan perkembangan ilmu Tafsir dalam menafsirkan Al Qur’an, peserta didik mampu menentukan penjelasan tentang tafsir bil ma’tsur

PG

LK2/C2

33

 

 

Disajikan kitab berisi sejarah para rasul dan raja karya Syeikh At Tabari, peserta didik mampu menentukan nama kitab

PG

Lk2/C3

34

 

 

Disajikan nama lengkap Imam Ibnu Katsir, peserta didik mampu  menentukan makna gelar Imam yang diberikan kepada Beliau

PG

LK2/C3

35

 

 

Disajikan pernyataan-pernyataan yang berkenaan dengan tokoh ilmu tafsir, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang tepat bagi Ibnu Jarir

Pergan

LK2/C3

5

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts